3 Solusi Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh


Printer tidak bisa mencetak padahal tinta sudah penuh merupakan masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna. Hal ini terjadi karena tinta cetak tidak keluar saat pengguna mencetak dokumen.

Masalah ini memang menjadi salah satu masalah yang sering ditemui pengguna. Tentunya bagi yang belum familiar dengan printer mungkin akan kesulitan untuk mengatasi masalah tinta print yang tidak mau keluar ini.

Solusi printer tidak bisa mencetak padahal tinta sudah penuh


Tentunya untuk masalah printer ini, ada sebab mengapa hal itu bisa terjadi. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab dari masalah ini. Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan masalah pada printer ini.


Salah satu penyebab masalah ini adalah adanya kesalahan pada saluran tinta atau ada masalah pada printer yang menyebabkan tinta tidak keluar. Biasanya masalah tinta yang tidak mau keluar juga ada tanda-tandanya.

Salah satu tanda tinta printer bermasalah adalah lampu indikator akan menyala. Sehingga pengguna dapat mengetahui adanya masalah pada printer karena tinta tidak mau keluar.

Jika Anda memiliki masalah saat ini, Anda santai saja. Ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk printer yang tidak bisa mencetak padahal tinta sudah penuh.


Solusi printer tidak bisa mencetak padahal tinta sudah penuh

Berikut ini beberapa solusi printer tidak bisa mencetak padahal tinta sudah penuh.

Isi ulang tinta printer

Masalah ini biasanya disebabkan karena kehabisan tinta, padahal menurut Anda sudah penuh. Tapi bisa jadi saat itu printer sudah kehabisan tinta lagi. Tanda umum printer kehabisan tinta adalah dokumen yang dicetak memiliki garis-garis. Jika tanda-tanda tersebut memang muncul, segera isi ulang tinta printer.


Baca juga: Cara mengatasi pecinta binatang yang tidak bisa memutar video


Lakukan Pembersihan

Penyebab printer tidak bisa mencetak padahal tinta sudah penuh selanjutnya adalah tersumbatnya jalur tinta atau head cartridge. Jadi ini perlu dibersihkan secara mendalam.

Pada printer, kita dapat melakukan pembersihan dengan fungsi “Pembersihan” dan “Pembersihan dalam”. Untuk jalur berikut:

  1. Pertama, klik tombol Mulai > Perangkat dan Pencetak.
  2. Kemudian klik kanan Printer.
  3. Selanjutnya sobat pilih opsi Printing Preferences.
  4. Nanti di tab Maintenance akan ada banyak pilihan dan pilih pilihan “Cleaning/Deep Cleaning”.
  5. Maka proses akan dimulai dan anda bisa mengulangi langkah ini hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hapus blok

Seperti yang saya jelaskan di atas, masalah ini bisa disebabkan oleh penyumbatan pada head cartridge dan bisa dibersihkan secara manual. Sehingga penyumbatan teratasi dan tinta keluar dengan lancar.


Kemacetan head cartridge dapat terjadi karena printer jarang digunakan. Untuk mencegah tinta mengering dan menyebabkan kemacetan. Berikut cara mengatasi head cartridge yang macet.

  1. Pertama sobat siapkan wadah yang cukup besar dan isi dengan air panas. Usahakan menggunakan wadah biasa, karena nanti akan kotor terkena tinta.
  2. Kemudian teman saya mengeluarkan cartridge dan membasahinya dengan air hangat.
  3. Tunggu beberapa menit hingga tinta mencair dan kemacetan hilang.
  4. Biasanya tinta yang mengering meleleh dan keluar karena air bercampur dengan tinta.
  5. Jika sudah dipastikan tinta tidak mampet dan dapat meleleh, barulah Anda dapat melepas cartridge.
  6. Lalu sobat lap dengan kain atau tisu, biarkan sampai kering.
  7. Jika demikian, masukkan kembali ke dalam printer dengan hati-hati.

Ketiga cara ini termasuk cara ampuh untuk mengatasi printer yang tidak bisa mencetak padahal tinta sudah penuh. Sebagian besar alasan yang dilaporkan oleh pengguna biasanya karena kemacetan dan Anda dapat melakukan opsi 2 atau 3.

Akhir kata


Inilah solusi cara mengatasi printer tidak bisa print padahal tinta sudah penuh. Kami harap informasi ini membantu Anda menyelesaikan masalah Anda. Sekian dari saya dan terima kasih telah membaca blog ini.



BACA JUGA   Arti DM Di IG, WA Dan Twitter Itu Apa? Yuk Simak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *